Universal Iteration 2021

Play Video
This work is only accesible in indonesia

Ghost Like Us

This work is only accesible in indonesia

Melalui sorotannya pada perkembangan film horor Indonesia, Riar Rizaldi mengajukan pernyataan dan pertanyaan yang saling terkait. Mulai dari jejak-jejak mengalami realitas dalam layar yang merebak ke kehidupan sehari-hari, perbandingan konstruksi imaji mistisisme rural dan kemodernan wilayah urban, aspek subversif film horor terhadap kuasa Orde Baru, hingga gelombang desentralisasi melalui fenomena distribusi dan konsumsi sinema dalam format VCD dan studi kasus munculnya produksi film-film vernakular.

Dalam Ghost Like Us yang berdurasi kurang lebih 20 menit, nuansa mistik dalam penggambaran hantu-hantu ‘yang mengganggu’ merupakan sebuah alternatif penaklukan kuasa dan pusat. Bagaimana film-film horor Indonesia yang diproduksi dalam dekade-dekade berbeda tidak hanya merepresentasikan perkembangan artistik dan teknologi media gambar bergerak, tetapi juga menandai pergeseran-pergeseran pemikiran dan situasi sosial politik. Ghost Like Us menjadi semacam jembatan dalam menelusuri isu represi dan demokrasi, cara pandang pusat dan yang periferal, hingga perihal distribusi dan jejaring.

Apakah teknologi media adalah jawaban atas upaya menjembatani ragam kesadaran terhadap realitas yang terlihat dan tak terlihat?

Karya Ghost Like Us merupakan karya komisi dari Asian Film Archive.

9
12
28
47
12
3
10
6
6
3
4
4
5
2
2
4
6
2
6
3
1
2
3
1

Silakan cek email anda untuk mengunduh aplikasi Bayang 2.

Silakan cek email anda untuk mengunduh aplikasi Bayang 1.